Benarkah Ketika Lensa Tipe APS-C Dipasang Di Kamera Full Frame Hasil Gambarnya Berkualitas Tinggi?

Benarkah Ketika Lensa Tipe APS-C Dipasang Di Kamera Full Frame Hasil Gambarnya Berkualitas Tinggi?

Salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan para fotografer pemula yaitu apakah kamera full frame dapat menggunakan lensa jenis APS-C?. Hal itu sangatlah wajar, pasalnya diketahui lensa tipe itu bisa membuat hasil jepretan menjadi sangat bagus. Selain itu sudut pandangnya juga bisa terlihat sangat jelas . Lantas bagaimana apakah bisa lensa jenis itu digunakan untuk kamera full frame?.

Apakah Bisa Lensa APS-C Dipasang Pada Kamera Full Frame?

Faktanya tidak semua lensa tipe APS-C bisa dipasang pada kamera Full Frame. Di mana ada salah satu merek kamera full frame yang tidak bisa dipasang lensa jenis ini yaitu Canon dengan kode EF-S. Meskipun begitu lensa ini bisa Anda coba pasangkan pada kamera full frame merk lainnya seperti Pentax, Sony, Nikon.

Namun sayangnya ketika lensa itu dipasangkan pada kamera full frame merk tersebut tetap saja kualitas gambar yang dihasilkan tidak akan berubah. Selain itu bisa menyebabkan sisi foto terlihat gelap pasalnya lensa itu terlalu kecil untuk jenis kamera full frame. Dalam hal ini cara mengantisipasinya agar foto tidak terlihat gelap yaitu dengan melakukan crop. Namun ketika melakukan tindakan ini ada dua kemungkinan yang bisa terjadi seperti berikut.

  • Resolusi Foto Berkurang

Ketika melakukan crop kemungkinan besar resolusi foto menjadi berkurang. Hal itu dikarenakan pada gambar ada bagian yang sengaja dipotong. Contohnya ketika memotret objek dengan kamera full frame beresolusi 24 MP, maka setelah dilakukan crop hasilnya akan berubah menjadi 10 MP.

  • Sudut Pandang Terlihat Lebih Sempit

Perlu diketahui bahwa di dalam kamera full frame ada faktor pengali untuk memperoleh kesamaan dengan lensa full frame. Misalnya faktor pengali pada kamera full frame merk Nikon yaitu 1.5X. Sedangkan pada lensa tipe APS-C faktor pengali 50mm seperti sama dengan 75 mm (50mn x 1.5). Itu artinya sudut pandang yang akan diperoleh kurang lebih mirip ketika mempotret menggunakan lensa full frame 75mm pada kamera tipe full frame.

Sedangkan untuk resolusi dan sudut pandangnya bisa berubah menjadi lebih kecil ketika mengambil gambar menggunakan kamera full frame yang dipasangi lensa tipe APS-C. Dengan begitu tidak bisa memenuhi bidang kamera full frame yang ukurannya lebih besar.

5 Merk Kamera Full Frame Terbaik Untuk Memotret

Saat ini para fotografer tidak perlu bingung lagi untuk mendapatkan kamera full frame yang terbaik. Pasalnya sudah banyak toko yang menjualnya. Bahkan kamera full frame terbaik itu juga telah tersedia di berbagai marketplace di Indonesia. Adapun merk kamera full frame terbaik seperti berikut.

1. Merek Canon EOS RP

Canon EOS RP ini sangat direkomendasikan bagi para fotografer. Pasalnya kamera full frame ini telah didukung oleh teknologi phase detection yang mampu menghasilkan fokus gambar dengan sangat cepat. Bukan hanya itu saja namun Canon EOS RP juga telah didukung oleh fitur jendela bidik berpanel OLED. Dengan fitur itu tentunya akan mempermudah para penggunanya dalam mengoperasikannya.

2. Merek Sony A7C

Keunggulan dari kamera full frame merk ini yaitu layarnya vari- angel screen. Dikarenakan layarnya mudah dioperasikan maka Sony A7C sangat direkomendasikan bagi fotografer pemula. Selain itu Sony A7C juga hadir dengan sistem autofocus yang cepat. Diketahui teknologi autofocus itu mengusung sistem eye tracking.

3. Merek Nikon Z5

Kelebihan dari kamera full frame merk ini yaitu telah didukung oleh fitur pendeteksi autofocus. Dengan begitu Nikon Z5 ini sangat direkomendasikan bagi seseorang yang sedang memulai terjun ke dunia fotografi. Tidak hanya itu saja Nikon Z5 juga mempunyai fitur stabilisasi gambar 5 int sumbu yang mampu memaksimalkan hasil bidikan. Bahkan untuk mempermudah para penggunanya kamera ini telah didukung oleh koneksi wireless. Jika Anda tertarik bisa membelinya langsung di toko kamera atau pada marketplace.

4. Merek Fujifilm X-T4

Merk kamera selanjutnya yang juga sangat direkomendasikan untuk para fotografer pemula yaitu Fujifilm X-T4. Keunggulan dari kamera full frame merk ini yaitu telah didukung oleh fitur autofocus hibrida. Nantinya dengan fitur itu bidikan yang dihasilkan akan lebih fokus sehingga membuat gambar memiliki kualitas tinggi.

5. Merek Panasonic Lumix S5

Keunggulan dari Panasonic Lumix S5 ini yaitu tahan terhadap air. Dengan begitu kamera merk ini sangat cocok digunakan untuk memotret di luar ruangan. Kamera ini juga telah didukung oleh dual native ISO yang mempunyai rentan luas. Dengan fitur tersebut membuat kamera merk ini sangat direkomendasikan untuk melakukan pengambilan gambar di malam hari. Adapun spesifikasi detailnya seperti berikut.

Dalam hal ini sebaiknya tidak perlu menggunakan lensa tipe APS-C untuk kamera full frame. Pasalnya gambar yang dihasilkan tidak jauh beda ketika menggunakan lensa bawaan dari kamera full frame tersebut.


Leave a Reply

Your email address will not be published.