Trik Mudah Atasi Noise Pada Foto Kamera DSLR

Trik Mudah Atasi Noise Pada Foto Kamera DSLR

Dunia fotografi adalah hal yang sudah biasa ada di lingkungan seperti sekarang ini. Namun tak jarang beberapa orang masih kurang memahami tips dan trik fotografi yang tepat agar hasil lebih optimal. Yang sering kali terjadi adalah adanya noise pada foto yang diambil oleh pengguna. Banyak hal yang mempengaruhi mengapa noise ini dapat terjadi akan terapi untuk mendapat hasil yang terbaik pastinya ada beberapa trik yang harus diperhatikan. Dengan trik mudah dan gampang ini akan lebih nyaman dan berkualitas pula hasil foto yang akan didapat. Karena itu tak heran banyak orang yang harus punya ilmu fotografi lebih dulu supaya hasil yang mereka dapatkan saat foto lebih bagus. Tak hanya jenis kamera saja yang akan mempengaruhi bagaimana hasil didapat. Tetapi juga dari pengetahuan pemain tentang apa yang harus mereka lakukan dengan foto tersebut. Jika punya pengetahuan yang bagus dan tepat maka hasil fotografi yang dilakukan juga tetap optimal.

Cara Mudah Hindari Foto Noise Pada Kamera DSLR

Agar hasil foto yang digunakan ini sesuai dengan apa yang diperlukan maka ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Yang terpenting adalah menghindari kemungkinan adanya hal-hal yang akan menyebabkan hasil noise pada foto. Kamera DSLR adalah jenis kamera yang sudah cukup banyak digunakan. Akan tetapi tipe yang dipilih juga cukup besar. Tipe ini pula yang menyebabkan mengapa kamera bisa menghasilkan noise atau tidak. Ada beberapa cara mudah agar hasil yang  didapat lebih maksimal ketika diperlukan. Berikut ini adalah tips mudah untuk bisa menghindari noise saat melakukan pemotretan ataupun membuat video :

  1. Gunakan ISO rendah

Bagi beberapa pemula yang belum paham dengan apa yang dipakai pastinya tak menyadari akan perbedaan ISO ini. Gambar yang tajam dan jelas ternyata tidak menggunakan ISO tinggi. Mereka cenderung menggunakan ISO yang rendah seperti 400 atau 300. Ini karena jumlah ISO bisa berpengaruh pada ketajaman gambar. Jika tidak dimanfaatkan dengan gan baik maka ISO yang digunakan akan membuat hasil gambar tidak stabil. Untuk itu lah memilih ISO yang tepat bisa membuat hasil gambar yang sesuai keinginan. Tips mudah untuk mendapat ISO rendah dari jenis kamera yang digunakan, spesifikasi kamera dan juga kemampuan pengguna sendiri. Dengan memilih yang tepat maka akan membantu untuk mendapat hasil dengan kualitas yang sempurna dan terbaik. ISO terbaik dengan hasil jepretan sempurna dan punya kualitas tinggi juga akan membuat harga jual yang didapat tinggi pula.

  1. Ukuran sensor

Makin besar sensor yang digunakan dalam kamera juga akan makin jernih hasil foto yang akan didapat. Sensor full frame bisa jadi rekomendasi untuk membuat hasil shot lebih bagus. Karena banyak pihak yang ingin mendapat hasil kamera terbaik maka perlu untuk belajar menggunakan sensor ini dengan baik. Ukuran sensor sendiri dapat ditentukan sesuai dengan apa yang diinginkan pengguna. Karena itu lah ukuran harus melihat dari objek yang akan difoto atau digunakan. Sesuai dengan bagaimana kebutuhan yang tepat maka sensor ini akan membantu pengguna untuk mendapatkan hasil yang lebih berkualitas. Dengan sensor yang lebih luas maka akan lebih kecil juga potensi noise akan didapat. Karana sensor yang rendah seperti pada ponsel atau kamera saku lain bukan DSLR tak akan bisa disamakan dengan hasil kamera DSLR ini.

  1. Menyesuaikan temperatur warna dan cahaya

Untuk meminimalisir noise yang akan dihadirkan saat foto maka menyesuaikan temperatur warna dan cahaya pada saat pengambilan gambar juga akan mempengaruhi kualitas. Temperatur ini diukur dengan derajat Kelvin yang mana jika terlalu silau juga akan membuat hasil tak maksimal. Menyesuaikan hal tersebut akan memberikan objek yang lebih terang pada hasil yang akan didapat. Shot pada foto Akan mempengaruhi bagaimana hasil didapat. Sebelum memulai pemotretan maka lebih dulu atur cahaya dan juga warna agar hasil yang diraih juga lebih optimal dan punya kualitas jual yang terbaik.

Hasil Kamera Jernih Tanpa Noise Dengan Kamera Yang Tepat

Untuk mendapat hasil yang sesuai keinginan dan tanpa ada celah kesalahan maka tinggal gunakan kamera yang tepat dan sesuai. Noise yang terjadi sering kali karena penggunaan kamera yang tidak tepat. Jadi agar hasil warna dan cahaya lebih tajam para fotografer harus tahu bagaimana kamera manakah yang akan mereka pakai. Jika tidak sesuai tentunya hasil juga tak maksimal. Dengan menentukan dan memahami setiap fungsi kamera dan jenis lensa yang diperlukan maka kualitas foto yang dibuat juga lebih indah. Dengan demikian akan mempermudah semua proses dan tidak akan membuat hasil jadi noise. Dengan kamera dan metode yang tepat maka kualitas terbaik lah yang akan didapat.


Leave a Reply

Your email address will not be published.